Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jumat, 04 Desember 2009

PRODUK DOMESTIK BRUTO

Produk Domestik Bruto Dengan Kemakmuran dan Pertumbuhan

Semakin tinggi produksi masyarakat, semakin tinggi pula pendapatan nasional. Perbandinan antara tingkat pendapatan nasional dengan banyaknya jumlah penduduk dan penerima pendapatan di kalangan penduduk menunjukkan tingkat kemakmuran. Tingkat kemakmuran bagi negara-negara atau daerah-daerah yang hanya bergantung passa hasil-hasil yang ada pada daerah sendiri ditentukan oleh faktor berikut :

  1. kekayaan berupa sumber-sumber ekonomi (kekayaan alam),
  2. jumlah penduduk
  3. kemampuan penduduk (anggota masyarakat) dalam menetapkanteknik produksi.

AT

Faktor-faktor tersebut dapat dirumuskan : K=

P

Keterangan : K = tingkat kemakmuran T = teknik produksi

A = kekayaan alam P = penduduk

Untuk mencapai tingkat kemakmuran suatu negara dibutuhkan pertumbuhan ekonomi yang dinamis. Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu keadaan yang menggambarkan peningkatan produk domestik bruto dari masyarakat suatu negara.. pertumbuhan ekonomi terjadi jika ada kenaikan PDB dari tahun sebelumnya dengan mengabaikan pertumbuhan penduduk. Jadi pertumbuhan ekonomi adalah suatu kenaikan yang mengindikasikan terjadinya kenaikan PDB suatu negara tanpa memandang apakah kenaikan tersebut lebih besar atau lebih kecil dari tingkat pertumbuhan penduduk.

Perumbuhan ekonomi merupakan suatu proses peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan melewati tahap-tahap tertentu sebelum mencapai tingkat yang tertinggi. Oleh karena itu, setiap negara biasanya melaksanakan kegiatan pembangunan ekonomi di segala bidang secara bertahap sehingga dari pelaksanaan pembangunan dapat terlihat berapa kenaikan pendapatan perkapita. Selain itu, juga diusahakan bagaimana mengurangi laju pertumbuhan penduduk dan mengurangi tingkat pengangguran. Pembangunan ekonomi juga harus ditandai dengan perubahan dalam struktur sosial dan sikap mental masyarakat.

Jadi, pembangunan ekonomi adalah sarana untuk meningkatkan produksi masyarakat sehingga dengan meningkatnya produksi masyarakat akan semakin meningkat pula pendapatan nasional, semakin besar pendapatan nasional semakin besar pertumbuhan ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar